Beragam Olahraga Yang Baik Selama Masa Kehamilan

Selain mengonsumsi berbagai makanan sehat, ibu hamil juga perlu melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Bukan itu saja, melakukan olahraga untuk ibu hamil juga dinilai sangat penting agar terhindar dari berbagai gangguan kehamilan dan memperlancar proses persalinan kelak.

Ibu hamil boleh melakukan olahraga ringan asalkan kehamilan dalam kondisi sehat dan sesuai dengan saran dokter. Nah, tidak ada salahnya ibu cari tahu berbagai jenis olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil. Meski sedang hamil, ibu tetap disarankan untuk melakukan olahraga ringan guna menjaga kesehatan tubuh serta janin di dalam kandungan. Rutin berolahraga juga dapat mendukung proses persalinan agar berjalan lebih lancar.

Namun, ibu tetap harus memperhatikan jenis aktivitas fisik atau olahraga yang aman selama kehamilan. Di samping itu, olahraga saat hamil juga dapat mendukung perkembangan otak janin. Berikut adalah penjelasan dari berbagai sumber yang sudah Slamet Aqiqah rangkum mengenai beberapa rekomendasi olahraga yang aman untuk ibu hamil dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan janin.

Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil

Berolahraga selama menjalani kehamilan nyatanya memiliki beragam manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil. Seperti misalnya, menurunkan risiko nyeri punggung, mencegah perut kembung dan konstipasi, meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, menurunkan stres, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan risiko gangguan kehamilan, hingga memperlancar proses persalinan yang nanti akan dijalani.

Lalu, jenis olahraga apa yang baik untuk ibu hamil? Jika bunda ingin berolahraga saat hamil, pastikan tidak melakukan gerakan terlentang dalam waktu yang cukup lama dan hindari olahraga dengan gerakan seperti meninju atau menendang. Baca Juga Jasa Paket Aqiqah di Tangerang Selatan – Hubungi Kami Slamet Aqiqah 081 878 9119. 

Berikut ini jenis olahraga untuk ibu hamil yang tepat :

1. Yoga  

Rekomendasi olahraga untuk ibu hamil yang pertama adalah yoga. Olahraga ini bermanfaat untuk melancarkan pernapasan, melatih kelenturan tubuh, serta mendukung persiapan panggul ibu saat proses melahirkan nantinya.

Olahraga prenatal yoga juga dapat membantu mengurangi nyeri pinggang pada ibu hamil dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Manfaat yoga bagi kehamilan tak sampai di situ, pasalnya olahraga ini bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, sehingga ibu akan terhindar dari stres.

2. Jalan Kaki dan Lari Santai 

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga ringan saat hamil muda maupun hamil tua. Olahraga ini cukup fleksibel karena bisa dilakukan di luar maupun di dalam rumah. Jalan kaki dapat melancarkan peredaran darah dan kerja jantung, serta membuat ibu hamil tetap bugar.

Ibu hamil dapat membiasakan jalan kaki selama 30 menit per hari. Cobalah berjalan santai di sekeliling kompleks perumahan atau taman terdekat. Namun, pastikan bahwa trek atau jalanan yang digunakan untuk berjalan sudah aman dan nyaman.

Selain itu, perhatikan juga waktu olahraga. Sebaiknya, ibu hamil berjalan kaki saat pagi atau sore hari untuk menghindari teriknya sinar matahari di siang hari. Jangan lupa pula untuk membawa air minum untuk mengisi cairan tubuh selama berolahraga.

3. Berenang  

Berenang adalah salah satu jenis olahraga untuk ibu hamil yang juga direkomendasikan. Berenang dapat membuat massa tubuh menjadi lebih ringan, sehingga bunda tidak mudah lelah ketika harus bergerak sambil menopang berat badan.

Berenang merupakan pilihan olahraga yang cocok bagi ibu hamil karena aktivitas ini diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur ibu hamil, meringankan nyeri panggul, mual-mual, dan membantu mengatasi pembengkakan pada pergelangan kaki. Adapun gaya renang yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah gaya dada dan gaya punggung. Meski olahraga ini tergolong aman, ibu hamil tetap harus berhati-hati terutama saat berada di pinggiran kolam dengan kondisi lantai yang licin.

4. Senam Hamil  

Selain yoga, senam hamil juga menjadi salah satu olahraga untuk ibu hamil yang paling banyak diminati. Manfaat senam hamil di antaranya adalah meningkatkan kelenturan, stamina, serta kekuatan tubuh ibu hamil. Bunda bisa mengikuti instruksi senam hamil yang tersedia di internet. Namun, jika baru pertama kali, sebaiknya ikuti kelas khusus senam hamil yang dipandu oleh instruktur guna menghindari terjadinya cedera akibat kesalahan gerakan.

5. Latihan Jongkok dan Memiringkan Panggul  

Latihan jongkok dan memiringkan panggul adalah olahraga untuk ibu hamil yang disarankan saat mendekati persalinan. Jenis olahraga ini biasanya direkomendasikan ketika usia kehamilan ibu sudah memasuki trimester ketiga. Latihan pose jongkok bermanfaat untuk membuka otot-otot panggul dan jalan lahir sehingga proses persalinan dapat berlangsung cepat. Sementara itu, latihan memiringkan panggul dapat membantu memperkuat otot-otot perut dan mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil.

6. Pilates  

Pilates menjadi salah satu olahraga yang populer dan banyak diminati oleh wanita. Ternyata, olahraga ini pun memiliki berbagai manfaat untuk membantu memperkuat otot-otot tubuh, keseimbangan tubuh, serta memperbaiki postur tubuh ibu hamil.

Selain itu, pilates juga melatih teknik pernapasan yang baik dan melancarkan peredarah darah. Namun, sebaiknya ibu mengikuti kelas pilates khusus ibu hamil agar mendapatkan bimbingan yang tepat mengenai gerakan yang aman dilakukan saat hamil.

7. Peregangan  

Jika bunda lebih suka melakukan olahraga di dalam rumah, cobalah melakukan peregangan secara rutin agar tubuh tetap aktif bergerak. Ibu hamil bisa menambahkan dumbbell dengan berat yang sesuai kemampuan ibu, dengan catatan penambahan dumbbell ini dilakukan dalam batas tertentu dan telah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan.

8. Sepeda Statis 

Bagi bumil yang rindu sensasi berkendara tetapi tak mau merisikokan kecelakaan di jalan, sepeda statis adalah alternatif menarik. Jangan lupa sesuaikan setang sepeda agar tidak terlalu menekan perut dan tulang punggung.

9. Zumba 

Zumba bisa menjadi salah satu pilihan olahraga saat hamil selain berjalan kaki, berenang, atau yoga. Olahraga yang satu ini sangat menyenangkan karena dipadukan dengan musik dan gerakan yang menyerupai tarian. Zumba mampu meningkatkan produksi endorfin atau hormon bahagia dalam tubuh sebagai obat penghilang rasa sakit alami.

Lonjakan kadar endorfin di dalam tubuh dapat membantu ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran dengan mood yang lebih baik. Dengan begitu, persalinan akan lebih lancar dan mudah. Namun, saat memutuskan untuk ikut kelas zumba atau mempraktikkannya sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

  • Sesuaikan gerakannya
  • Memperlambat dan membatasi gerakan
  • Minum banyak air
  • “Dengarkan” tubuh Anda sendiri

Usahakan untuk tidak terlalu terengah-engah hingga kesulitan untuk mengambil napas saat sedang zumba. Jika bunda tak bisa lagi mengobrol dengan rekan di samping karena kehabisan napas, ini berarti gerakan bunda terlalu berlebihan sehingga bunda perlu memperlambat gerakan.

10. Senam Kegel 

Senam ini memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Selain dapat mempertahankan berat badan ideal, senam kegel juga bisa meredakan rasa nyeri akibat perubahan yang terjadi pada tubuh bunda.

11. Aerobik Ringan ( Khusus Ibu Hamil )

Aerobik memang cukup bermanfaat untuk ibu hamil karena dapat menyehatkan jantung, mencegah ambeien, dan meningkatkan kadar oksigen. Tidak hanya olahraga saja yang cocok, sebaiknya ibu juga harus mengetahui kondisi janin dalam kandungan agar selalu sehat. Sebaiknya untuk melakukan aerobik ringan, ibu hamil perlu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu agar kandungan dan ibu tetap sehat.

Itulah beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil. Namun, perlu diperhatikan, olahraga bisa dilakukan saat ibu dalam kondisi sehat dan kehamilan berjalan dengan baik.

Selain itu, segera hentikan kegiatan olahraga ketika kamu mengalami pendarahan saat hamil, sakit kepala, pusing, nyeri dada, hingga napas menjadi sangat pendek. Ibu hamil juga perlu mengonsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jangan lupa untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat sebelum dan setelah olahraga agar kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi dengan baik.

Kami Juga Menyediakan Jasa Paket Aqiqah di Jakarta Selatan, Bagi anda yang ingin aqiqah bisa hubungi kami Slamet Aqiqah 081 878 9119. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *