Kumpulan Do’a Yang Bisa di Amalkan Saat Bayi Dalam Kandungan

Bagi calon orang tua yang tengah menantikan kelahiran buah hati mereka, berdoa menjadi salah satu upaya untuk memohon kemudahan dan kelancaran. Doa ibu hamil sampai lahirnya bayi pun dapat diamalkan oleh umat Islam sebagai wujud ikhtiar kepada Allah SWT.

Berdasarkan buku ‘Doa Dzikir untuk Ibu Hamil’, doa dapat memberikan manfaat di dalam hidup ini. Hal tersebut telah dijelaskan dalam salah satu hadits dari Ibn ‘Umar ra yang berbunyi :

الدُّعَاءُ يَنْفَعُ مِمَّا نَزَلَ وَمِمَّا لَمْ يَنْزِلُ. فَعَلَيْكُمْ عِبَادَ اللَّهِ بِالدُّعَاءِ

“Doa dapat memberikan manfaat terhadap sesuatu yang telah turun ataupun belum turun. Wahai hamba-hamba Allah, berdoalah kamu sekalian” (HR. Al-Hakim).

Mengingat doa memiliki keutamaan, doa ibu hamil hingga melahirkan dapat diamalkan oleh calon orang tua agar mendapatkan manfaat dari Allah SWT. Dirangkum dari buku ‘Doa-doa Mustajab Orang Tua untuk Anak-anaknya’ simak di bawah ini kumpulan doa yang bisa diamalkan oleh ibu hamil hingga masa nifas dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

Baca Juga Jasa Aqiqah di Tangerang Selatan – Hubungi Kami Slamet Aqiqah 081 878 9119. 

1. Membaca Surat Al-Araf Ayat 54

Selama kehamilan, Bunda dapat membaca surat Al-Araf ayat 54 untuk memohon kelancaran persalinan. Ayat ini mengingatkan kita akan kebesaran Allah sebagai Sang Pencipta langit dan bumi.

إِنَّ رَبَّكُمُ الله الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ الله رَبُّ الْعَالَمِينَ

Artinya:
“Sesungguhnya Tuhan kamu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Maha Suci Allah, Tuhan seluruh alam.” (QS. Al-A’raf: 54)

Ayat ini mengajarkan tentang kebesaran Allah sebagai Pencipta alam semesta. Membacanya selama kehamilan adalah bentuk memohon perlindungan dan kelancaran dalam proses persalinan.

2. Do’a Untuk Kesehatan Bayi

Selain itu, Bunda juga bisa membaca doa agar bayi lahir dalam keadaan sehat dan sempurna. Doa ini meminta perlindungan Allah untuk bayi dari segala penyakit dan keselamatan bagi Bunda selama proses kelahiran.

اَللهُمَّ احْفَظْ وَلَدِىْ مَادَامَ فِى بَطْنِىْ وَاشْفِهِ اَنْتَ شَافٍ لاَشِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُما شِفَاءً لَقاؤُما شِفَاءً لَقاؤُماً اَللهُمَّ صَوِّرْهُ حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ اِيْمَانًابِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اَللهُمَّ اَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِىْ وَقْتَ وِلاَدَتِىْ سَهْلاً وَّتَسْلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلاً حَاذِقًا عَلِمًا عَامِلاً. اللهم طول عمره وصحح جسده وحسن خلقه وافصح لسانه واحسن صوته لقراءة الحديث والقرآن ببركة محمد صلى الله عليه وسلم والحمد لله رب العالمين.

Artinya:
“Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku, Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain. Ya Allah, bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang elok dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna. Ya Allah, jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaqnya, fasihkan dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Qu’ran dan Al Hadist dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Doa ini mengungkapkan harapan dan permohonan Bunda untuk keselamatan dan kesehatan bayi yang dikandungnya. Bunda memohon perlindungan dan kesehatan yang hanya dapat diberikan oleh Allah.

3. Do’a Agar Janin Tumbuh Dengan Baik

Surat Ali Imran ayat 38 adalah doa yang dapat Bunda baca untuk memohon agar janin tumbuh dengan baik. Doa ini diambil dari kisah Nabi Zakaria yang memohon keturunan yang baik kepada Allah.

نَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ ۚ قَالَ رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَّدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۚ اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاۤءِ

Artinya:
“Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu, dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya beserta anak-anak cucunya kepada Engkau dari syaitan yang terkutuk.'” (QS. Ali Imran: 36)

Ayat ini menceritakan doa Nabi Zakaria ketika dia memohon keturunan yang baik kepada Allah. Meskipun doa ini bukan ditujukan untuk kehamilan, namun sebagai seorang ibu hamil, membaca ayat ini bisa menjadi doa untuk memohon agar janin tumbuh dengan baik.

4. Do’a Suami Untuk Keturunan Yang Shaleh

Ayah juga memiliki peran penting dalam doa. Suami dapat membaca doa memohon agar anak yang akan lahir nanti menjadi anak yang saleh atau salehah.

اللَّهُمَّ هَبْ لِي مِنْ زَوْجَتِي ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

“Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku dari isteriku keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa permohonan.” (QS. Ali Imran: 38)

Doa ini merupakan permohonan dari suami kepada Allah untuk diberikan keturunan yang baik dari istrinya. Meskipun tidak secara khusus ditujukan kepada kehamilan, namun memiliki makna penting bagi pasangan yang sedang mengharapkan keturunan yang saleh.

5. Do’a Setelah 4 Bulan Kehamilan

Setelah usia kehamilan mencapai 4 bulan atau 120 hari, Bunda dapat membaca doa khusus untuk memohon keberkahan dan keselamatan bagi janin.

اَللّٰهُمَّ احْفَظْ مَافى بَطْنِ …..مِنَ الْجَنِيْنِ وَاجْعَلْهُ ذُرِّيَةُ طَيِّبَةً وَاجْعَلْهُ وَلَدًا صَالِحًا صَحِيْحًا مُعَافَى عَاقِلاً حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلاً سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفّقًا لِلْخَيْرَاتِ غَنِيًّا سَخِيًّا زَائِرًا لِلْحَرَمَيْنِ ِلاَدَاءِ النُّسُكَيْنِ بَرًّا لِلْوَالِدَيْنِ . اَللّٰهُمَّ اَحْسِنْ خَلْقَهُ وَخُلُقَهُ وَحَسِّنْ صَوْتَهُ لِقِرَأَةِ الْقُرْاَنِ الْكَرِيْمِ وَالْحَدِيْثِ النَّبَوِىِّ بِجَاهِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . اَللّٰهُمَّ وَفِّقْهُ لِطَاعَتِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ. اَللّٰهُمَّ سَهِّلْ خُرُوْجَهُ عِنْدَ الْوِلاَدَةِ وَارْزُقْهُ وَاُمَّهُ وَوَالِدَهُ السَّلاَمَةَ وَالسَّعَادَةَ وَالْعَافِيَةَ وَالشَّهَادَةَ وَحُسْنَ الْخَاتِمَةِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Artinya:
“Ya Allah, jagalah apa yang ada dalam kandungan Bunda ini dari (kemungkinan) janinnya. Jadikanlah ia keturunan yang baik, anak yang saleh, sehat, selamat, berakal sehat, cerdas, pandai, yang mengamalkan ilmunya, bahagia, diberkati rezekinya, berhasil dalam kebaikan, kaya, dermawan, yang berkunjung ke dua negeri Haram (Mekah dan Madinah) untuk menunaikan bentuk ibadah (haji dan umrah), berbakti kepada kedua orang tuanya, dan taat kepada-Mu. Ya Allah, perbaikilah rupa dan akhlaknya, dan baikkanlah suaranya untuk membaca Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Ya Allah, berilah kesuksesan dalam ketaatan dan ibadah kepada-Mu. Ya Allah, permudahlah keluaran anak ini pada saat melahirkan, dan berikanlah rezeki kepada anak ini, ibunya, dan orang tuanya dalam keadaan selamat, bahagia, sehat, sejahtera, dan diberi syahadat yang baik, serta diberikan akhir hidup yang baik. Wahai Tuhan kami, anugerahkan kepada kami istri dan keturunan kami sebagai penyejuk mata, dan jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa ini merupakan permohonan kepada Allah untuk melindungi janin yang sedang dikandung dari segala bahaya dan memberikan berkah serta kebaikan pada anak yang akan lahir.

Bunda juga memohon agar anak yang akan dilahirkan nanti tumbuh menjadi individu yang baik, sehat, cerdas, dan berakhlak mulia. Selain itu, Bunda juga berdoa agar proses kelahiran berjalan dengan lancar dan diberikan kelancaran rezeki serta kebahagiaan dalam kehidupan keluarga.

6. Do’a Agar Tidak Mual dan Muntah

Untuk mengatasi mual dan muntah selama kehamilan, Bunda bisa membaca doa sederhana yang memohon perlindungan dari Allah.

اللّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي، اللّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي، اللّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya:
“Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada badanku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada pendengaranku. Ya Allah, berilah kesehatan untukku pada penglihatanku. Tiada sesembahan kecuali Engkau.”

Doa ini adalah permohonan kepada Allah agar memberikan kesehatan pada tubuh, pendengaran, dan penglihatan Bunda selama kehamilan.

Hal ini bertujuan untuk mengatasi atau mengurangi gejala mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil, sehingga kehamilan dapat berjalan dengan lebih nyaman dan lancar.

7. Memohon Perlindungan Dari Gangguan Setan & Jin

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Maka tatkala istrinya melahirkan anaknya, dia berkata: ‘Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkan seorang anak perempuan,’ – dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkan olehnya, – ‘Dan laki-laki tidaklah sama dengan perempuan. Dan sesungguhnya aku telah menamainya Maryam, dan aku mohon perlindungan untuknya dan anak-anak keturunannya kepada Engkau dari setan yang terkutuk.'” (QS. Ali Imran: 36)

Ayat ini menggambarkan momen kelahiran Nabi Isa. Ibunya, Siti Maryam, memohon perlindungan Allah untuknya dan anak keturunannya dari gangguan setan yang terkutuk.

Sebagai ibu hamil, Bunda dapat membaca ayat ini sebagai doa perlindungan dari pengaruh negatif setan dan jin.

8. Do’a Untuk Anak Saleh/Salehah

Bunda juga bisa membaca doa agar anak yang lahir nanti menjadi anak yang saleh atau salehah. Doa ini meminta agar anak dapat tumbuh dengan baik dan taat kepada Allah.

رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Artinya:
“Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa permohonan.” (QS. Ali Imran: 38)

Ayat ini adalah doa dari Nabi Zakaria untuk diberikan keturunan yang baik oleh Allah. Meskipun tidak secara khusus berkaitan dengan kehamilan, namun sebagai seorang ibu hamil, membaca ayat ini bisa menjadi doa untuk memohon agar anak yang dikandung dapat tumbuh menjadi individu yang saleh dan baik.

9. Dzikir Untuk Perlindungan

Selain doa, Bunda juga dapat membaca dzikir untuk memohon perlindungan dari Allah. Beberapa dzikir seperti Hauqalah, Hasbalah, Basmalah, dan Istighfar dapat membantu menenangkan hati dan pikiran selama kehamilan.

10. Surat As Saffat Ayat 100

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh”. (QS. As Saffat: 100)

11. Fathir Ayat 41

إِنَّ ٱللَّهَ يُمْسِكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ أَن تَزُولَا ۚ وَلَئِن زَالَتَآ إِنْ أَمْسَكَهُمَا مِنْ أَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِهِۦٓ ۚ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

Artinya: “Sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap; dan jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.” (QS.Fathir: 41)

12. Ar Ra’d Ayat 8

ٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ أُنثَىٰ وَمَا تَغِيضُ ٱلْأَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ ۖ وَكُلُّ شَىْءٍ عِندَهُۥ بِمِقْدَارٍ

Artinya: “Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Sungguh, segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya”. (QS Ar-Ra’d: 8)

13. Ayat Kursi Sebagai Perisai

Selama hamil, Bunda juga dapat membaca Ayat Kursi atau surat Al-Baqarah ayat 255. Bacaan Ayat Kursi ini bisa menjadi perisai untuk menenangkan hati selama hamil hingga persalinan.

Berikut bacaan Ayat Kursi atau surat Al-Baqarah ayat 255:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

14. Membaca Surat Yusuf dan Surat Maryam

Biasanya ketika mengandung anak perempuan, ibu hamil akan membacakan surat Maryam agar dikaruniai anak yang berwajah cantik seperti Siti Maryam. Sedangkan untuk laki-laki, dibacakan surat Yusuf agar anaknya setampan Nabi Yusuf. Bahwa membaca Surat Maryam dan Surat Yusuf adalah salah satu kunci agar anak memiliki paras tampan dan cantik.

Dilansir dari buku Tafsir Al-Azhar oleh Hamka, keistimewaan dari surat Maryam adalah kisah kelahiran dua bayi ajaib yang menunjukkan kekuasaan Allah SWT. Bayi tersebut terlahir sebagai anak yang sholeh dan diangkat menjadi seorang Nabi, yakni Nabi Yahya dan Nabi Isa.

Semoga dengan menerapkan amalan-amalan ini, kehamilan Bunda akan berjalan dengan lancar, bayi lahir dalam keadaan sehat, dan menjadi anak yang saleh atau salehah. Tetaplah memanjatkan doa dan berserah diri kepada Allah dalam setiap langkah perjalanan kehamilan ini. Semoga Allah senantiasa melindungi dan memberkahi Bunda serta buah hati yang sedang dikandung. Aamiin.

Kami Juga Menyediakan Jasa Aqiqah di Jakarta Selatan, Bagi anda yang ingin aqiqah bisa hubungi kami slamet aqiqah 081 878 9119.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *