Persiapan Pelaksanaan Aqiqah Yang Perlu Diketahui

sobat slamet aqiqah, Sudahkah kita beraqiqah atau diaqiqahkan? Bagi yang belum melaksanakannya, sebelum kita melakukan aqiqah ada baiknya kita mengetahui Persiapan Pelaksanaan Aqiqah. Berikut ini Slamet Aqiqah akan mengulas tentang persiapan pelaksanaan aqiqah yang perlu diketahui sesuai dengan ajaran islam, supaya pada saat aqiqah kita dihitung sebagai  umat yang menjalankan sunah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam.

Aqiqah merupakan suatu ibadah yang dilaksanakan dengan menyembelih hewan qurban sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas kelahiran anak. Pelaksanaan aqiqah menurut syariat Islam apabila yang dilahirkan adalah bayi laki-laki maka dibutuhkan 2 ekor kambing. Untuk anak perempuan 1 ekor kambing. Meskipun begitu, aqiqah diberlakukan bagi yang mempunyai kemampuan saja. Diperlukan banyak hal persiapan aqiqah agar ibadah aqiqah dapat berjalan dengan lancar.

Pelaksanaan ibadah aqiqah disunahkan pada hari ketujuh kelahiran bayi sebagaimana berpatokan pada hadits berikut, “Setiap anak itu tergadai dengan hewan aqiqahnya, disembelih darinya pada hari ke tujuh, dan dia dicukur, dan diberi nama.” (HR. Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan, dan dishahihkan oleh At Tirmidzi)

Apabila tidak sempat melaksanakannya pada hari ketujuh, maka bisa diganti pada hari ke empat belas. Dan bila tidak bisa hari ke empat belas, bisa pada hari keduapuluh satu. Tetapi bila tidak bisa dilakukan di hari-hari tersebut, tidak masalah dilakukan di hari lain karena hari-hari tersebut merupakan hari yang disunnahkan.

Dalam agama Islam ketika seorang anak dilahirkan, maka kedua orang tuanya disunnahkan untuk melaksanakan aqiqah. Adapun yang dimaksud dengan aqiqah adalah suatu prosesi ibadah yang dilaksanakan dengan cara menyembelih hewan kurban berupa kambing.  Sebelum melaksanakan prosesi aqiqah maka perlu persiapan yang matang agar acara dapat berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir. Adapun persiapan yang perlu dilakukan antara lain :

1. Anggaran

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan aqiqah adalah menyiapkan anggaran. Biasanya, anggaran utama dan terbesar dalam aqiqah adalah untuk makanan yang dihidangkan. Terutama jika bunda ingin acara yang mewah dan meriah dengan hidangan yang spesial dan istimewa.

Untuk dapat merencanakan anggaran dengan baik, maka ada baiknya bunda merencanakan detailnya dengan membuat jadwal penyelenggaraan aqiqah. Bunda bisa merencanakannya melalui hari perkiraan lahir bayi. Acara Aqiqah yang sesuai anjuran agama Islam, dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21 setelah kelahiran. Atau bisa juga di hari yang lain, selama si anak belum melewati masa baligh-nya.

Dengan merencanakan tanggal pelaksanaan aqiqah, maka bunda pun akan lebih mudah untuk menjabarkan keperluan lain. Dengan begitu, bunda akan lebih mungkin memenuhi anggaran biaya yang Anda perlukan, karena ada jangka waktunya.

2. Memilih Lembaga Aqiqah

Kebanyakan orang kalau untuk urusan aqiqah akan mempercayakan kepada lembaga aqiqah di sekitaran domisili. Hal ini akan lebih mudah dan praktis serta tidak keluar dari koridor syar’i. Tetapi hal yang paling penting diperhatikan adalah kualitas masakan dan teknis pelaksanaan ibadah aqiqah dari lembaga tersebut.

Baca Juga Jasa Paket Aqiqah di Tangerang Selatan – Hubungi Kami Slamet Aqiqah 081 878 9119.

Meskipun begitu, walaupun lebih ribet di beberapa wilayah pedesaan masih dijumpai pelaksanaan aqiqah dilaksanakan pihak keluarga dibantu oleh kerabat dan tetangga mulai dari membeli kambing sampai mendistribusikan ke tetangga. Hal ini dikarenakan masih lekatnya budaya kekeluargaan dan gotong-royong di pedesaan.

3. Persiapan Tempat Pelaksanaan Aqiqah

Berikutnya, persiapan melakukan acara aqiqah yaitu persiapan tempat pelaksanaan aqiqah. Prosesi aqiqah sebenarnya bisa dilakukan di rumah masing-masing. Namun ada juga prosesi aqiqah yang dilakukan di masjid, panti asuhan, dan lain sebagainya.

Bila aqiqah dilakukan di rumah, maka rumah harus dibersihkan agar tamu merasa nyaman. Namun jika aqiqah dilaksanakan di tempat lain, hendaknya menghubungi pengelola tempat tersebut terlebih dahulu agar prosesi aqiqah di tempat tersebut tidak dinilai melanggar aturan.

4. Waktu Yang Tepat 

Aqiqah bisa dilaksanakan pada hari ketujuh, 14, dan 21. Jika di ketiga waktu tersebut masih belum memiliki kemampuan untuk mengadakan aqiqah, maka orang tua bisa melakukannya kapan pun dengan catatan sebelum anak memasuki usia baligh.

5. Undangan

Usahakan untuk tidak mengundang terlalu banyak orang agar acara dapat berlangsung secara sederhana dan intim. Bunda pun tidak bakal kewalahan dalam melayani tamu. Sementara itu undangan dapat disebar dengan menggunakan e-card sehingga bisa lebih menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan.

6. Dekorasi, Tenda dan Sound System

Apabila bunda ingin mengundang banyak orang maka bunda perlu menyiapkan dekorasi yang menarik agar acara tampak lebih meriah. Sementara itu, tenda juga diperlukan agar tamu undangan tidak kepanasan, sedangkan sound system dibutuhkan agar seluruh rangkaian acara dapat diikuti oleh para hadirin.

7. Ustadz

Untuk memandu acara aqiqah agar berlangsung sebagaimana mestinya maka dibutuhkan bantuan seorang ustadz atau ahli agama. Bunda dapat membuat janji dengan ustadz atau pemuka agama setempat agar berkenan hadir dan membimbing acara aqiqah pada tanggal yang telah ditentukan.

8. Alat Cukur

Dalam pelaksanaan aqiqah juga terdapat prosesi gunting rambut bayi secara simbolis dengan memotong sebagian saja atau mencukur secara keseluruhan hingga botak. Maka dari itu perlu disiapkan alat cukur baik berupa gunting maupun mesin cukur. Sediakan juga tempat untuk menaruh rambut hasil cukuran.

9. Box Bayi

Bunda juga sebaiknya mempersiapkan box bayi yang bagus agar bayi merasa nyaman dan tidak rewel selama acara berlangsung. Dengan adanya box bayi para tamu undangan dapat dengan mudah melihat bayi yang sedang di-aqiqahkan. Apabila tidak memiliki box bayi, bunda dapat menyewa atau meminjamnya dari kerabat sehingga dapat mengirit biaya.

10. Menu Hidangan

Untuk acara aqiqah, makanan yang umum dihidangkan adalah yang berbahan dasar kambing dilengkapi dengan berbagai hidangan pendamping hingga penutup. Selain gulai atau sate, Bunda juga dapat menghidangkan makanan yang lebih berkesan seperti kambing guling.

Untuk olahan makanan tidak melulu harus dalam bentuk gulai, bisa juga membuat makanan aqiqah dengan citarasa tradisional. Jadi , bunda bisa berkreasi dengan menu. Selain itu, bisa dilengkapi dengan menu pendamping lain seperti nasi kuning, bakso atau soto. Tak lupa juga bagi tuan rumah yang ingin menghidangkan makanan penutup bisa menambahkan menu seperti es buah atau minuman dingin.

Ingin hidangan yang mewah untuk memeriahkan acara aqiqah buah hati bunda? Slamet Aqiqah dapat menjadi solusinya.

Demikianlah ulasan mengenai persiapan aqiqah yang bisa menjadi referensi bagi bunda untuk melaksanakan aqiqah si buah hati. Jangan lupa untuk berkonsultasi pada jasa aqiqah perihal tentang penyembelihan dan masakan daging kambing aqiqah.

Kami Juga Menyediakan Jasa Aqiqah di Jakarta Selatan, Bagi anda yang ingin melaksanakan aqiqah bisa hubungi kami Slamet Aqiqah 081 878 9119.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *