Manfaat Do’a dan Surah Yang Dibaca Ketika Hamil

Sebagai umat muslim, tentu Bunda tidak pernah henti menyelipkan doa di setiap kegiatan sehari-hari Bunda. Tentu saja hal ini juga termasuk bagi ibu hamil. Terlebih lagi, saat hamil biasanya setiap orang tua mengharapkan segala kebaikan bagi sang calon buah hati.

Doa yang bisa Bunda panjatkan saat hamil pun tentu beragam. Mulai dari keselamatan Bunda dan janin, kesehatan bagi kehamilan Bunda, kelancaran proses persalinan, hingga doa-doa terbaik yang kaya akan harapan bagi masa depan Si Kecil kelak. Baca Juga Jasa Aqiqah di Tangerang Selatan – Hubungi Kami Slamet Aqiqah 081 878 9119. 

Ibu hamil disarankan memperbanyak membaca doa, terutama ketika umur kandungan menginjak empat bulan, di mana sebelum ruh ditiupkan ke dalam jasad janin. Selain itu, juga disarankan agar Bunda hamil mengutamakan untuk membaca doa pada pagi dan sore hari karena waktu-waktu tersebut mengandung manfaat dan berkah yang sangat besar, Bunda.

Berikut ini adalah manfaat doa dan surah yang bunda baca ketika mengandung si kecil yang sudah kami rangkum :

1. Menyembuhkan Penyakit

Telah banyak di literatur menunjukkan bahwa ibu hamil rentan sakit, baik fisik maupun psikis. Dalam Islam, berbagai penyakit ibu hamil dapat disembuhkan dengan dzikir. Berzikir dapat membawa ketenangan dan menghapus kelelahan.

2. Disalami Malaikat

Menurut HR. Tirmidzi dan Ahmad, Rasulullah memahami bahwa dzikir merupakan amalan yang mulia. Kemuliaan tersebut hadir karena ketika seseorang berdzikir, maka para malaikat akan turun menemui dan menyalaminya.  Dengan demikian, seorang ibu hamil yang sering berdzikir akan memiliki kesempatan bersalaman dengan para malaikat, demikian pula terjadi pada anak yang masih dikandung.

3. Mengatasi Masalah Psikologis

Ibu hamil rentan mengalami masalah psikologis, yang mana dapat berdampak buruk bagi kesehatannya dan janin yang dikandung. Untuk mengurangi rasa stres, Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk mengingat-Nya melalui dzikir. Sebab, dzikir dapat membuat hati tentram. Sebagaimana dalam ar-Ra’d ayat 28. yang artinya:

“Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram”.

4. Diingat Allah

Seseorang yang rajin berdzikir akan diingat oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah lewat Al-Baqarah ayat 152: “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ki, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu. Dan, bersyukurlah kepada-Ku serta jangalah kamu mengingkari (nikmat)Ku.”

Jika ibu hamil mengingat Allah, maka janin dalam kandungannya pun mengingat Allah. Dengan demikian, Allah akan mengingat ibu hamil beserta janinnya.

5. Al Qur’an Dapat Menenangkan Ibu dan Janin

Manfaat membaca Al-Quran untuk ibu hamil yaitu dapat menenangkannya beserta janin. Saat seorang wanita sedang mengandung janin di perutnya, terjadi perubahan hormon yang dapat menyebabkan perubahan pada mood.

Membaca atau mendengarkan lantunan ayat Al-Quran dapat menenangkan ibu dan janin secara psikologis sehingga dapat meningkatkan mood pada ibu. Tak hanya untuk ibu, kebahagiaan itu juga dapat tersalurkan pada bayi melalui hormon. Kamu bisa membaca surat apa saja saat hamil untuk melengkapinya.

6. Membuat Janin Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *